Header Ads

ads
Loading...

Ilustrasi Rohani Kristen - 02

1.      ORANG KRISTEN YANG BAIK DAN BENAR 
Suatu hari ada seorang Kristen yang sedang menaiki sebuah angkutan umum. Didekatnya ada seorang ibu yang tidak memiliki cukup uang untuk membayar angkutan tersebut. Tanpa berfikir panjang, orang Kristen ini lalu menutupi kekurangan biaya angkutan ibu tersebut. Sang sopir lalu langsung bertanya “mbak orang Kristen ya?”. Orang Kristen itu hanya tersenyum menanggapi ucapan sopir tersebut.

2.      ORANG KRISTEN YANG PENUH BERKAT 
Disuatu pagi ada seorang ibu yang membeli sayuran di pasar tradisional. Ada cukup banyak ibu-ibu yang sedang berbelanja pagi itu. Mereka semua membeli beragam sayur mayur dan saling berusaha menawar untuk mendapatkan harga yang paling murah. Bahkan perdebatan terjadi antara pedagang sayur dengan para pembelinya. ketika sudah mulai sepi dari pembeli yang lain, seorang ibu bertanya kepada penjual sayur tersebut berapa total dari belanjaannya tersebut. Si penjual lalu menjawab “ 42.000 bu, kalo mau nawar boleh, tapi jangan kebanyakan ya. Saya ini juga cari uang cari nafkah. Bukan hanya sekedar cari laba saja”. Kata penjual tersebut sambil menata ulang dagangan di meja jualannya. Si ibu pembeli ini hanya tersenyum sambil mengeluarkan uang sebesar 50.000 rupiah. Saat hendak diberi kembalian, si ibu pembeli ini berkata “tidak usah bu, biar saja. Tuhan memberkati”. Ujarnya seraya meninggalkan tempat sayur tersebut. Ibu penjual sayur lalu tersenyum sambil mengibaskan uang 50.000 tersebut ke arah dagangannya, dan berkata “pancene wong kristen iku sugih-sugih yakk”. ( memang orang kristen itu semuanya kaya ya ). 

3.      KASIH 
Seorang anak yang sering dimarahi oleh ayahnya bertanya kepada ayahnya mengapa ia selalu kena marah. Ayahnya lalu bertanya, bagaimana ceritanya sehingga ayah itu sampai memukul anaknya. Anaknya lalu bercerita “saat aku memanjat pohon hanya karena menginginkan buah apel ayah memarahiku. Saat aku bermain sepeda didekat sungai pun ayah memarahiku. Disaat aku mengerjakan tugas malam hari dirumah temanku ayah juga memarahiku, saat aku belajar berdandan ayah juga memarahiku. Semua yang aku lakukan salah kan yah?”. Sang ayah lalu menjawab sambil tersenyum “Jika ayah tidak marah saat kamu memanjat pohon untuk sebuah apel, apa yang terjadi jika kamu tetap naik sampai ke atas? lagipula setelah itu ayah mengambilkan banyak apel dan membuatkan jus untukmu. Jika kamu bermain sepeda di pinggir sungai lalu terjatuh, ayah bisa-bisa terkena serangan jantung nak. Saat malam hari, semua gadis memang sepantasnya berdiam diri dirumah bukan? Kamu masih terlalu dini untuk mengenal make up sayangku. Percayalah ayah dulu mencintai ibumu karena dia wanita yang tidak suka berdandan sepanjang waktu. Pria yang mencintaimu bukan karena parasmu adalah pria yang terbaik untukmu. Ayah hanya mengkhawatirkanmu, anakku”. Anak itu lalu memeluk sang ayah dengan erat. 

4.      DOA
Seorang gadis yang baru saja memutuskan hubungannya dengan kekasihnya merasakan kesedihan yang hebat. Ia bahkan tidak lagi memiliki selera untuk makan. Bahkan selera untuk tersenyum pun tidak ada. Suatu hari temannya menyarankan agar gadis ini berdoa. Gadis ini lalu tertawa dan berkata “memangnya doa bisa membawanya kembali padaku?”. Namun karena terlalu lama terdiam dan kebingungan harus melakukan apa, gadis ini lalu berdoa. Keesokan harinya sang teman menanyakan kepada gadis tersebut “Bagaimana keadaanmu teman? Sudahkah dia memberimu kabar? Dan sudahkah kau berdoa?”. Gadis ini menjawab “Tidak. dia belum memberiku kabar, dan aku sudah berdoa”. “ Lalu kau kesal karena doa mu tidak berhasil membawanya kembali padamu?”. Gadis ini tersenyum dan berkata “Doaku semalam memang tidak berhasil membaawanya kembali padaku, namun doaku berhasil membuatku tidak menginginkannya lagi! Aku merasakan ketenangan sekarang. Terimakasih banyak teman. Kini aku akan terus berdoa tentang apapun masalah yang kuhadapi suaya ketenangan dan kelegaan itu selalu ada padaku”. 

5.      SIKAP SEORANG HAMBA 
Sebuah gereja kecil di suatu desa merencanakan sebuah ibadah yang akan dilakukan beberapa minggu lagi. Seorang jemaat bernama Toni mendapat begitu banyak peran serta tanggung jawab. Ia merasa keberatan dengan semua tanggung jawab yang dibebankan kepadanya, lalu meminta beberapa jemaat lain untuk turut membantunya.Namun tak seorang pun mau membantunya. Bukan karena tidak ingin membantu akan tetapi mereka juga merasa bahwa tugas mereka juga sudah cukup besar. Jemaat ini mengeluh, karena beliau tidak mendapatkan upah atas kerja kerasnya.  meminta sang gembala sidang untuk bertanggung jawab karena sudah membuatnya kelelahan menghadapi begitu banyak tanggung jawab. Namun, ketika ada seorang sponsor dari acara tersebut datang, dan menghampiri jemaat ini seraya berkata “pak Toni, terimakasih banyak atas bantuan bapak yang luar biasa. Terimalah ini sebagai imbalan atas kerja keras anda yang begitu melelahkan pak”. Pak Toni kemudian menangis, ia merasa dirinya tidak layak menerima upah tersebut sekalipun ia menginginkannya. Ia lalu memberikan upah kerjanya tersebut kepada gereja agar digunakan sebagaimana mestinya. 

6.      KEWAJIBAN MEMBAYAR PAJAK 
Disebuah desa terdapat sebuah keluarga yang sangat kaya raya. Mereka mempunyai banyak tanah dan berpetak-petak sawah. Keluarga ini juga memiliki 1 unit mobil dan 2 buah sepeda motor. Baru-baru ini diketahui mereka telah membeli 1 mobil pick up baru yang hendak digunakan untuk membawa hasil panen ke kota. Suatu ketika kepala desa mengingatkan warganya akan kewajiban mereka dalam membayar pajak. Warga desa tersebut begitu antusias sekali dalam membayar pajak. Baik pajak rumah maupun kendaraan bermotor mereka. Namun berbeda dengan keluarga kaya ini, mereka hanya membayarkan kendaraan bermotor roda dua milik mereka. Ketika ditanya mereka menjawab, “mau sebanyak apa harta benda kami, kami tetap orang desa. Jadi kami membayarkan pajak kami sesuai dengan standar orang-orang di desa ini”. 

7.      PELITA HARAPAN 
Seorang gadis yang hanya tinggal bersama sang ayah di perumahan PNS memiliki pahlawan dalam hidupnya. Semenjak ibunya meninggal, gadis ini belajar menjadi wanita yang mandiri bersama sang ayah. Sebagai ayah, tentu tidak bisa menjelma menjadi sosok ibu yang sempurna bagi anaknya. Namun bagi gadis ini ayahnya adalah pelita dalam sebuah pengharapan. Setiap hal yang dibutuhkan oleh gadis ini, ayahnya selalu memenuhinya meski terkadang sang ayah menemukan kesulitan. Hingga sutu hari, peristiwa tak terduga menimpa ayahnya. Sang ayah yang semula sehat tiba-tiba saja terjatuh pingsan di kantor tempat ia bekerja. Selama hampir 2 minggu lamanya sang ayah tak sadarkan diri. Gadis ini hampir menyerah, ia tak tahu apa yang harus ia lakukan. Ia tak mau kehilangan ayahnya. Namun tim medis sudah menyerah, dan mengatakan bahwa mereka tidak mampu melakukan banyak hal. Dokter hanya meminta gadis ini untuk terus berdoa. Gadis ini berdoa. Namun hebatnya, ia tidak berdoa untuk meminta kesembuhan ayahnya, namun begini bunyi doanya, “Tuhan, jikalau memang Engkau menginginkan ayah,maka ambilah. Namun setidaknya berilah aku pelita baru dalam hidupku”. Sang ayah lalu meninggal dunia dan anak ini mengalami kehilangan yang luar biasa. Namun ia sadar bahwa kini dia telah menemukan pelita yang baru, yaitu Tuhan. 

8.      JANJIKU, MENCINTAIMU SEUMUR HIDUPKU. 
Di China, ada sepasang suami istri yang baru saja menikah dan begitu mendambakan seorang anak. Mereka bersyukur karena melahirkan putri pertama mereka dengan lancer, sehat dan selamat. Sang ayah yang begitu senang menyambut kelahiran anaknya lalu menggendong putrinya, menamainya Meggie lalu membisikkan kata-kata di telinga Meggie, “anakku, memilikimu adalah anugerah terindah didalam hidupku. Aku berjanji akan mengasihimu seumur hidupku”. Waktu berlalu, Meggie semakin hari semakin bertumbuh menjadi remaja yang cantik. Ayah Meggie megitu mengasihinya. Ia memberikan apapun yang Meggie inginkan agar putri kesayangannya itu merasa bahagia. Namun, tanpa diduga, ternyata Meggie hamil. Meggie ketakutan, ia menceritakan semua kepada sang ibu. Ibunya dengan kesabaran dan penuh kasih sayang berusaha menenangkan Meggie. Meggietakut memberitahukan hal ini kepada ayahnya. Ia membayangkan betapa marahnya sang ayah apabila ia mengetahui bahwa putri kesayangannya yang selama ini dibanggakannya ternyata hamil. Meggie sadar ia telah melukai hati ayahnya. Namun bagaimanapun Meggi sadar ia tetap harus memberitahukan hal ini kepada ayahnya. Ketika menceritakan apa yang terjadi kepada ayahnya, wajah marahlah yang terlihat dari raut muka sang ayah. Meggie semakin takut, ia gemetar ia menutup mata dan tak berani menatap wajah ayahnya. Namun ternyata bukannya marah, sang ayah justru memeluk erat Meggie sambal berbisik, “Aku mencintaimu anakku, aku tidak pernah melupakan janjiku”. 

9.      BERDOA 
Yantu dan Kusini tengah berbahagia. Pasalnya mereka berdua baru saja dikaruniai seorang cucu laki-laki yang mat tampan. Sebagai keluarga Kristen, mereka tentunya menanamkan norma-norma Kristen kepada sang cucu. Salah satunya berdoa dan menyebut nama Yesus. Hingga sang cucu menjadi terbiasa melakukannya. Suatu ketika mereka hendak makan bersama keluarga besar. Entah karena terburu-buru atau hal lain,keluarga besar ini lupa untuk berdoa, namun semua orang sudah mengambil piring mereka masing-masing. Sang cucu yang masih berusia 3 tahun ini lalu berteriak “Tunggu duluu!!! Berdoa dulu !!”  Semua orang yang mendengar teriakan balita ini tertawa dan lalu berdoa. Saat acara telah selesai, beberapa pria yang mencoba mengangkat alat pemanggang terjatuh hingga terluka. Balita ini lalu mengingatkan mereka untuk menyebut nama Yesus dulu agar tidak terjatuh. Balita ini terus melakukannya, mengingatkan setiap orang untuk berdoa dan menyebut nama Yesus. 

10.  AIR TUBA DIBALAS DENGAN AIR SUSU 
Seorang perempuan Kristen mempunyai 2ekor anak ayam. Anak ayam itu sering mencari makan dirumah tetangganya yang cepat naik darah. Suatu hari tetangganya menangkap 2ekor ayam itu dan mencekik lehernya hingga mati. Lalu anak ayam itu di lemparkan kembali melalalui pagar. Tentu saja perempuan itu berduka tapi tidak marah  dan mencaci maki tetangganya. Sebaliknya ia mengambil ayam itu, mencabut bulunya dan memasaknya menjadi roti ayam. Kemudia ia mengirimkan roti ayam tersebut dan mengirimkanya kepada tetangganya yang telah membunuh anak ayan tersebut. Perempuan itu meminta maaf karena tidak berhati-hati menjaga anak ayamnya.Tetangga itu tidak bisa berkata apa-apa! Roti ayam dan permintaan maafnya membuatnya sangat malu. Sebenarnya bukan maksud perempuan itu untukmembuatnya dia malu.tetapi motivasinya membalas kejahatan dengan kebajikan adalah untuk memperlihatkan kasih Kristen yang nyata kepada tetangganya. 

11.  DOA 
Bertahun-tahun para peneliti berusaha menyelidiki apakah doa berpengaruh terhadap penyembuhan fisik. Seorang profesor pembantu di Fakultas Kedokteran Universitas George Washington mengatakan bahwa "usaha pembuktian pengaruh doa terhadap kesehatan secara ilmiah hampir tidak mungkin dilakukan". Bahkan orang-orang kristiani yang percaya pada kuasa penyembuhan Allah memiliki pendapat yang berbeda-beda mengenai bagaimana, kapan, dan mengapa Dia melakukannya. Kita mengalami pergumulan untuk memahami mengapa Tuhan menyembuhkan sebagian orang, sementara yang lainnya tetap sakit, bahkan meninggal dunia. Ilmu pengetahuan berusaha mencari pembuktian hukum sebab-akibat. Namun, iman mengarahkan kita untuk memohon kekuatan dari Allah yang penuh kasih, yang rencananya sulit kita pahami tetapi selalu dapat kita percayai. 

12.  NEVER GIVE UP 
Seorang pemuda lulusan S1 bernama Tom sedang bergumul mencari pekerjaan. Universitasnya yang lama tidak menyalurkan para lulusannya dalam mencari pekerjaan, namun beberapa temannya sudah berhasil mendapat pekerjaan sedangkan Tom masih berjuang. Tom berkali-kali memasukkan lamaran pekerjaan di beberapa perusahaan yang sedang membuka lowongan. Beberapa perusahaan tempat Tom melamar pun sempat memberikan umpan balik berupa panggilan kepada Tom untuk melakukan serangkaian wawancara secara langsung. Namun setelah itu tidak ada lagi perkembangan yang terjadi. Hal ini membuat Tom tidak mau lagi melamar pekerjaan. Ia menolak panggilan dari beberapa perusahaan yang memanggilnya untuk melakukan wawancara, bahkan memanggilnya untuk praktek bekerja secara langsung. Hal ini dilakukan Tom karena ia beranggapan bahwa ujung-ujungnya nanti Tom hanya akan dihujani dengan banyak pertanyan lisan dan pada akhirnya tidak jadi bekerja. Dan ia memutuskan untuk menjadi seorang cleaning service di kampusnya dulu.
Topik : kesabaran, kerja keras dan kegigihan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.